Tips Memilih Jurusan Kuliah dari Ditjen Belmawa - BK SMAN 3 Jember
Berita Terkini
Loading...

29 Nov 2019

Tips Memilih Jurusan Kuliah dari Ditjen Belmawa


Belum menentukan jurusan untuk kuliah? atau masih bingung? Sebelum itu kalian bisa memulai dengan mengenali jurusan atau prodi dari Perguruan Tinggi yang akan dipilih.

Nah, Ditjen Belmawa Kemdikbdud melalui laman twitternya memberikan tips nih buat kalian yang masih bingung memilih jurusan. Yuk simak dan jangan lupa bagikan ke teman kalian ya!

1. Sesuaikan dengan Minat dan Hobi
Seperti yang pernah kami bagikan pada artikel yang lalu, untuk memilih prodi atau jurusan sebaikya disesuaikan dengan Minat, Bakat dan Karakter kamu. Karena salah satu penentu berhasilnya kuliah itu adalah kita bisa menikmati prosesnya, maka memilih jurusan sesuai dengan Minat dan Hobi menjadi salah satu pertimbangan yang utama.
Teruss... bagaimana jika orang tua tidak setuju? Nah... disinilah kalian harus pintar-pintar menjelaskan dan meyakinkan orang tua akan pilihan yang akan dijalani. Tentunya tetap dengan cara yang halus dan tidak menyinggung perasaan orang tua dong.

2. Pertimbangkan Profesi yang paling banyak dibutuhkan 4 tahun ke depan
Jurusan yang akan dipilih tentunya akan kalian gunakan untuk menunjang karier ke depan. Nah disini perlu kiranya kalian mencari informasi yang banyak tentang profesi apa yang paling banyak dibutuhkan paling tidak dalam 4 tahun ke depan, kemudian disesuaikan dengan jurusan jurusan apa yang menunjang dalam profesi tersebut


3. Bertanya kepada Mahasiswa yang Berpengelaman
kalian punya saudara atau mungkin kenalan yang lebih dulu kuliah? nah perlu tuh kalian menggali informasi dari mereka mereka yang sudah berpengalaman dalam jurusan tertentu. Tanyakan dengan detail bagaimana proses perkuliahannya, dosennya dan peluang-peluang yang akan didapat dengan memilih jurusan tersebut.
Tapi jangan salah loh ya, yang dimaksud dengan Mahasiswa Berpengalaman di sini bukan berarti mahasiswa yang lama kuliah tapi gak lulus lulus loh ya, hehe. hmmm tapi bisa juga sih diambil pelajaran dari pengalamannya supaya tidak terjadi hal yang sama dengan kalian.

4. Siapkan Pilihan Alternatif
Kamu boleh saja sangat berharap dengan jurusan yang kamu inginkan, tapi tidak ada salahnya menyiapkan rencana lain dari pilihanmu. Buatlah pilihan alternatif lain boleh 2, 3 atau 4. Ya... ibarat jodoh, bisa jadi seseorang yang kamu dambakan belum tentu akan menjadi jodohmu, perlu juga pandangan pandangan lain supaya hatimu gak terlalu ambyar saat yang kamu dambakan diambil orang lain, hehe
Tapi tetap harus diingat dalam menyiapkan pilihan alternatif juga perlu dipertimbangan minat dan kemampuan kamu nantinya saat menjalani proses kuliahnya

5. Biaya Kuliah
Nah ini juga harus menjadi pertimbangan kalian dalam memilih jurusan. Karena tiap jurusan mematok biaya yang berbeda-beda, jadi perlu disesuaikan dengan perekonomian keluarga. Jika perlu dipertimbangkan juga pilihan jurusan yang sama pada perguruan tinggi yang berbeda, karena bisa berbeda juga biaya yang akan ditanggung.
Namun kalian juga jangan berkecil hati, karena cukup banyak beasiswa yang diberikan baik dari pemerintah maupun swasta. Salah satu jenis beasiswa dari pemerintah adalah Bidikmisi (atau sekarang diganti dengan KIP-Kuliah) yang dikhususkan bagi golongan dari keluarga tidak mampu yang akan melanjutkan kuliah.



Nah itu dia beberapa tips yang perlu kalian pertimbangkan dalam menentukan jurusan atau program studi. Jangan lupa sering-sering berkonsultasi dengan guru BK kalian jika masih ada yang diras perlu penjelasan lebih lanjut. Semoga Sukses

Bagikan dengan teman anda

Berikan tanggapan anda.

Pemberitahuan
Untuk kemudahan update berita dan artikel, silahkan berlangganan melalui email dengan mendaftarkan email anda pada kotak Berlangganan artikel.
Selesai