Jurus Jitu Pilih Kampus ala Ditjen Belmawa - BK SMAN 3 Jember
Berita Terkini
Loading...

24 Nov 2019

Jurus Jitu Pilih Kampus ala Ditjen Belmawa



Wow... tak terasa sudah kelas XII aja nih, sebentar lagi lulus. Mau ngelanjutin ke mana ya setelah lulus nanti? Hmmm  masih bingung? tenang... kita kasih #JurusJituPilihKampus ala Ditjen Belmawa yang dapat kamu pertimbangkan sebelum menentukan pilihan. Yuk simak

1. Tentukan Program Studi yang Sesuai

Kuliah itu untuk menunjang masa depan dan karir kamu kan. Nah.. saat memilih Program Studi (Prodi) kuliah sesuaikanlah dengan Minat, Bakat dan Karakter kamu, serta nilai apa yang ingin dicapai. Kamu harus mengenali dengan baik potensi yang kamu miliki, minat dalam bidang apa serta bakat yang ada pada diri kamu. Hindari memili Prodi hanya karena lagi ngtrend apalagi cuma asal ikut-ikutan pilihan teman.
Sah sah saja sebenarnya memilih prodi yang lagi ngetrend atau sedang banyak-banyaknya dibutuhkan dalam dunia kerja, namun tetap harus melihat kemampuan dan potensi diri kamu. Sanggup tidak menjalani semua rutinitas yang akan dihadapi dalam prodi tersebut. Jangan kemudian memilih prodi yang lagi ngetrend, namun saat kuliah malah tidak enjoy dan merasa terbebani, tentunya tidak akan membuahkan hasil yang maksimal.

2. Kumpulkan Informasi Sebanyak-banyaknya

Setelah menentukan prodinya, lalu tempatnya nih, di Universitas atau Perguruan Tinggi mana kiranya akan kamu ambil prodi yang kamu inginkan itu. Kamu harus cari info sebanyak-banyaknya tentang Universitas dan Perguruan Tinggi tersebut, terkhusus prodi yang kamu inginkan di Perguruan Tinggi tujuan. Ada beberapa kriteria yang dapat dijadikan pertimbangan dalam melihat dan menentukan hal ini antara lain :
a. Sudahkah terdaftar di Pangkalan Data Dikti (PDDIKTI) ?
PDDIKTI bisa kamu akses melalui internet di alamat https://forlap.ristekdikti.go.id/, disini kamu bisa melihat profil Universitas dan Prodinya, bahkan sampai dengan Dosen, Tenaga Kependidikan dan juga Mahasiswanya.

b. Terakreditasi oleh BAN-PT/LAM PT-Kes
Akreditasi merupakan salah satu bentuk pengakuan formal terhadap kompetensi suatu lembaga pendidikan. Beberapa prodi bisa jadi belum terakreditasi dan hal tersebut tidak serta merta menandakan bahwa prodi tersebut jelek. Karena mungkin saja prodi yang dimaksud baru terbentuk atau masih dalam proses akreditasi. Namun jika kamu berkeinginan bekerja sebagai abdi negara (PNS) yang mensyaratkan pendaftar merupakan lulusan lembaga terakreditasi, maka akreditasi prodi maupun universitas harus benar-benar kamu pertimbangkan.
Di Indonesia untuk tingkat perguruan tinggi ada 2 lembaga resmi akreditasi yaitu BAN-PT (https://www.banpt.or.id/) dan LAM PT-Kes (https://lamptkes.org/) yang khusus menangani akreditasi prodi bidang kesehatan. Dari 2 situs lembaga akreditasi tersebut kamu bisa mencari informasi tentant akreditasi Universitas dan Prodi keinginan kamu

c. Informasi penting lain tentang prodi dan Universitas, seperti :
Rasio Dosen dan Mahasiswa, Kualitas Dosen, Sarana dan Prasarana, Biaya Perkuliahan dan Akses Beasiswa, Kerjasama dengan dunia industri dan dunia usaha, Unit Kegiatan Mahasiswa, Suasana Akademik dan Masa depan jurusan/prodi.


Kesemuanya itu dapat kamu gali informasinya dari sumber sumber terpercaya seperti situs PDDIKTI, situs resmi Universitas, situs resmi Kopertis atau dari cerita dan pengalaman alumninya. Bisa juga dengan kunjungan langsung ke Universitas-universitas favorit melalui program Tour de Campus.

Nah.. itu dia beberapa tips jurus jitu dari Ditjen Belmawa untuk memilih tempat studi atau kampus kuliah. Semoga bermanfaat. dan jangan lupa sering-sering berkonsultasi dengan Guru BK.

Sukses untuk kamu semua..!!

Sumber : Twitter Ditjen Belmawa dan beberapa sumber yang lain

Bagikan dengan teman anda

Berikan tanggapan anda.

Pemberitahuan
Untuk kemudahan update berita dan artikel, silahkan berlangganan melalui email dengan mendaftarkan email anda pada kotak Berlangganan artikel.
Selesai