Mengenal bentuk-bentuk Institusi Perguruan Tinggi - BK SMAN 3 Jember
Berita Terkini
Loading...

26 Nov 2019

Mengenal bentuk-bentuk Institusi Perguruan Tinggi

Gambar : istockphoto
Sebelum mendaftar kuliah, kamu perlu mengetahui apa saja bentuk bentuk atau jenis perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Hal ini juga sebagai pertimbangan agar kamu tidak salah dalam memilih pendidikan lanjutan di perguruan tinggi.

Ada beberapa bentuk perguruan tinggi di Tanah Air yang bisa kamu masuki antara lain : Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi dan Politeknik. Namun sebelum kita jelaskan masing-masingnya ada baiknya kamu pahami Jenis Pendidikan Tinggi

Pendidikan Tinggi dibagi menjadi tiga jenis yaitu : Pendidikan Akademik, Pendidikan Vokasi dan Pendidikan Profesi/Spesialis. Dan berikut pembahasannya:

Pendidikan Akademik adalah sistem pendidikan tinggi yang mengarah kepada penguasaan dan pengembangan disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni tertentu. Pendidikan  Akademik mencakup program pendidikan Sarjana (S1), Magister atau Master (S2) dan Doktor  (S3). Lulusan Pendidikan Akademik akan mendapat gelar Sarjana (untuk S1 yang diikuti dengan bidang keahliannya. Misalnya, Sarjana Ekonomi (SE), Sarjana Hukum (SH), dan sebagainya.

Pendidikan Vokasi adalah sistem pendidikan tinggi yang mengarah kepada penguasaan keahlian terapan tertentu. Pendidikan Vokasi mencakup program pendidikan Diploma I (D1), Diploma II (D2), Diploma III (D3) dan Diploma IV (D4). Lulusan Pendidikan Vokasi akan mendapat gelar Vokasi, misalnya, Ahli Pratama (A.P.), Ahli Muda (A.Ma.), Ahli Madya (A.Md.),dan sebagainya.

Pendidikan Profesi/Spesialis adalah pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus. Lulusan pendidikan profesi akan mendapatkan gelar profesi. Sebagai contoh setelah bergelar S.E, seseorang menempuh pendidikan profesi Akuntan, maka dia bergelar S.E. Ak. Atau setelah menempuh pendidikan dokter, mengambil spesialisasi Gizi Klinik sehingga mendapat gelar Sp.GK


Nah selanjutnya kita jelaskan bentuk bentuk pergurugan tinggi yang ada di tanah air, silahkan disimak.

1. Universitas
Universitas Jember. foto : jatimnet.com
Universitas merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan Pendidikan Akademik
dan/atau Pendidikan Vokasi dalam sejumlah ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni. Universitas juga bisa menyelenggarakan pendidikan dalam berbagai rumpun ilmu tanpa batas.Misalnya, rumpun ilmu agama (syariah, ekonomi islam, ilmu penerangan agama Hindu, dan sebagainya), rumpun ilmu humaniora (filsafat, sejarah, bahasa, dan sebagainya), rumpun ilmu sosial (sosiologi, psikologi, ekonomi, dan sebagainya), rumpun ilmu alam (ilmu angkasa, ilmu kebumian, kimia, dan sebagainya), rumpun ilmu formal (komputer, matematika, statistika, dan sebagainya) dan rumpun ilmu terapan (pertanian, arsitektur dan perencanaan, bisnis, dan sebagainya).

Universitas mempunyai Program Studi  atau jurusan yang beragam. Program studi ini dikelompokkan dalam fakultas-fakultas. Dengan kata lain di dalam setiap fakultas terbagi lagi menjadi bermacam jurusan atau prodi. Sebagai contoh Fakultas Pertanian memiliki prodi antara lain : Agroteknologi, Agribisnis, Agronomi, Ilmu Pertanian, Peternakan,

2. Institut
Institut Teknologi Bandung. foto:radarbogor.id
Sama dengan Universitas yang dapat menyelenggarakan pendidikan Akademik dan/atau Pendidikan Vokasi, namun pendidikan di Institut memiliki biasanya memiliki kekhususan terhadap bidang tertentu atau terdiri atas ilmu ilmu yang sejenis misalnya Institut pertanian memiliki prodi bidang peternakan, pertanian, dan kehutanan. atau Insititut Teknologi seperti  Institut Teknologi Bandung (ITB) hanya fokus kepada rumpun ilmu alam, sehingga fakultas-fakultas di ITB hanyalah yang terkait dengan ilmu alam, seperti ilmu angkasa, ilmu kebumian, ilmu biologi, ilmu kimia, ilmu fisika, dan sebagainya

3. Sekolah Tinggi
Kampus STSN. foto: depteknci
Sekolah tinggi juga bisa menyelenggarakan Pendidikan Akademik dan/atau Pendidikan Vokasi. Namun berbeda dengan Universitas dan Institut, Sekolah Tinggi hanya menyelenggarakan satu program profesi sesuai dengan spesialisasinya atau hanya satu fakultas saja yang terbagi menjadi beberapa jurusan, misal Sekolah Tinggi Sandi Negara memiliki jurusan yang terkait dengan bidang persandian seperti : Teknik Persandian, Manajemen Persandian, Rekayasa Kriptografi, Rekayasa Keamanan Siber, dan sebagainya

4. Politeknik
Politeknik Negeri Jember. foto : polije.ac.id
Politeknik adalah sekolah tinggi yang hanya menyelenggarakan Pendidikan Vokasi. Jadi Politeknik tidak menyelenggarakan Pendidikan Akademik. Tujuan politeknik sendiri adalah menyiapkan peserta didiknya untuk menjadi anggota masyarakat yang punya kemampuan profesional agar mampu menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi, agar taraf hidup masyarakat dan kesejahteraan umat manusia meningkat. Sehingga dalam pelaksanaannya lebih menekankan pada keterampilan praktik kerja dan kemampuan untuk mandiri.

5. Akademi
Akademi Kebidanan Jember. foto: akbidjember.ac.id
Sama dengan Politeknik, Akademi merupakan insituti pendidikan yang hanya menyelenggarakan Pendidikan Vokasi. Namun berbeda dengan Politeknik, Akademi hanya bisa menyelenggarakan Pendidikan Vokasi dlam satu rumpun ilmu saja. Akademi juga lebih menekankan pada keterampilan atau praktik kerja di bidang program studi atau rumpun ilmu tersebut. Dalam akademi peserta didik akan diberi kemampuan untuk bisa mandiri, dan umumnya tidak memberi gelar meski tidak semua.


Sumber : Rencanamu.id, Buku Panduan Memilih Program Studi terbitan Kawan Pustaka

Bagikan dengan teman anda

Berikan tanggapan anda.

Pemberitahuan
Untuk kemudahan update berita dan artikel, silahkan berlangganan melalui email dengan mendaftarkan email anda pada kotak Berlangganan artikel.
Selesai