Registrasi akun LTMPT untuk pelaksanaan SNMPTN sudah dibuka mulai 4 Januari 2022 untuk akun sekolah dan 10 Januari untuk akun Siswa, selengkapnya bisa dilihat pada postingan Jadwal SNMPTN. Dan sampai saat ini, ada beberapa permasalahan yang ditemukan dan juga pertanyaan-pertanyaan mengenai proses registrasi ini.
Berikut pertanyaan yang sering diajukan (FAQ/ Frequently Asked Questions ) beserta jawaban atau solusinya. Mudah-mudahan bermanfaat
1. Apakah Registrasi LTMPT Wajib dilakukan?
Iya wajib terutama bagi sekolah yang siswanya akan lulus tahun 2020. Bagi siswa kelas XII juga wajib melakukan registrasi. Jika siswa tidak melakukan registrasi sampai batas waktu yang telah ditentukan, maka siswa tersebut kehilangan kesempatan untuk mendaftar PTN melalui jalur SNMPTN ataupun SBMPTN
2. Dimanakah Registrasi dilakukan?
Registrasi melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id/ untuk panduan pendaftaran silahkan diunduh pada posting sebelumnya
3. Apakah siswa yang telah registrasi pasti bisa mendaftar SNMPTN ?
Tidak, siswa yang bisa mendaftar melalui jalur SNMPTN adalah yang masuk dalam daftar eligible sekolah. Untuk SMAN 3 Jember daftar eligible telah diumumkan
4. Apakah harus menggunakan browser khusus saat registrasi ?
dari percobaan yang sudah dilakukan bisa menggukan browser apapun. Namun untuk kelancaran, disarankan browser yang dipakai telah terupdate versi terbaru baik untuk browser di PC, laptop maupun Smartphone. Rekomendasi kami, gunakanlah browser Firefox atau Chrome
5. Saya tidak bisa mendaftar, sudah dicoba beberapa kali, web LTMPT sering error
terus dicoba untuk melakukan pendafaran, biasanya web portal LTMPT mulai lancar pada menjelang sore atau malam hari
6. saya bingung NISN pakai yang mana. Dicek di web NISN tidak sesuai
NISN yang dipakai adalah yang terdaftar di dapodik. Bisa dilihat pada cetak Rapor Semester. Jika masih bingung hubungi guru BK
7. NPSN itu apa?
NPSN : Nomor Pokok Sekolah Nasional. Untuk SMAN 3 Jember NPSN bisa dilihat di web sekolah https://sman3-jember.sch.id/
8. Saya sudah mendaftar tapi tidak bisa login, kenapa?
Kemungkinan pertama : karena belum melakukan aktivasi akun. Aktivasi akun dilakukan melaui email yang dicantumkan saat registrasi, silahkan cek email pada inbox atau folder spam.
Kemungkinan kedua, salah memasukkan password/lupa password. Untuk hal ini manfaatkan fasilitas Lupa Password yang disediakan pada laman login https://portal.ltmpt.ac.id/
9. Saya lupa password login.
Gunakan fasilitas lupa password seperti di atas. Pastikan anda masih ingat alamat email yang digunakan serta bisa mengakses email tersebut
10. Saya lupa password login dan juga password email yang didaftarkan.
Seharusnya ini jangan sampai terjadi. Maka dari itu pastikan registrasi hanya dilakukan dengan menggunakan email yang masih aktif dan masih anda ingat dengan baik passwordnya. Hubungi https://halo.ltmpt.ac.id/ jika masih belum menemukan solusi
11. Bagaimana bila ada data yang tidak sesuai pada saat verifikasi
Segera melapor ke sekolah (Guru BK) untuk melakukan perbaikan data. Data yang bisa diperbaiki oleh sekolah adalah NISN, Nama Siswa, Jenis Kelamin, Tempat Lahir dan Tanggal Lahir. Perubahan data memerlukan waktu yang tidak sebentar, oleh karena itu segera lakukan registrasi dan verifikasi, jangan menunggu mendekati batas akhir. Untuk data-data lain (kolom warna putih), misal alaamat, bisa langsung dirubah oleh siswa.
12. Saya tidak bisa melakukan upload foto.
Pastikan properti foto yang diunggah mulai dari dimensi foto, ukuran, dan jenis filenya sesuai dengan ketentuan yang diminta.
Jika sudah sesuai ketentuan tapi belum bisa meng-upload, cobalah untuk mengupdate browser atau mengganti dengan browser yang lain, jika perlu lakukan upload melalui PC atau laptop. Khusus untuk permasalahan upload dan pengaturan foto ini silahkan ikuti tutorial youtube : https://www.youtube.com/watch?v=OCj7eoNdQec
13. Apakah wajib melakukan Simpan Permanen?
Iya, Simpan permanen dapat dilakukan mulai tanggal 8 Februari 2022 jam 15.01 dan harus dilakukan sebelum batas akhir registrasi (15 Februari 2022). Lakukan Simpan Permanen setelah anda yakin akan kebenaran data anda. Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat Panduan Registrasi Siswa
14. Pada isian alamat, haruskah sesuai KTP
Sebaiknya alamat diisi sesuai dengan dokumen resmi yang telah dimiliki sperti KTP atau KK. Jika kondisinya sudah pindah rumah sedang KTP dan KK belum diperbarui, silahkam isi dengan alamat tempat tinggal baru dan sebagai bukti gunakan surat keterangan pindah atau surat domisili atau segera perbarui KK
12. Saya tidak bisa melakukan upload foto.
Pastikan properti foto yang diunggah mulai dari dimensi foto, ukuran, dan jenis filenya sesuai dengan ketentuan yang diminta.
Jika sudah sesuai ketentuan tapi belum bisa meng-upload, cobalah untuk mengupdate browser atau mengganti dengan browser yang lain, jika perlu lakukan upload melalui PC atau laptop. Khusus untuk permasalahan upload dan pengaturan foto ini silahkan ikuti tutorial youtube : https://www.youtube.com/watch?v=OCj7eoNdQec
13. Apakah wajib melakukan Simpan Permanen?
Iya, Simpan permanen dapat dilakukan mulai tanggal 8 Februari 2022 jam 15.01 dan harus dilakukan sebelum batas akhir registrasi (15 Februari 2022). Lakukan Simpan Permanen setelah anda yakin akan kebenaran data anda. Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat Panduan Registrasi Siswa
14. Pada isian alamat, haruskah sesuai KTP
Sebaiknya alamat diisi sesuai dengan dokumen resmi yang telah dimiliki sperti KTP atau KK. Jika kondisinya sudah pindah rumah sedang KTP dan KK belum diperbarui, silahkam isi dengan alamat tempat tinggal baru dan sebagai bukti gunakan surat keterangan pindah atau surat domisili atau segera perbarui KK
Pertanyaan lain akan diupdate secara berkala jika diperlukan..!