FAQ Tentang Registrasi Akun LTMPT 2020 - BK SMAN 3 Jember
News Update
Loading...

4 Des 2019

FAQ Tentang Registrasi Akun LTMPT 2020


Registrasi akun LTMPT untuk pelaksanaan SNMPTN sudah dibuka mulai 2 Desember kemarin baik untuk Siswa maupun sekolah. Berdasarkan jadwal yang telah beredar, pelaksanaan registrasi ini berakhir pada tanggal 7 Januari 2020.
Dan sampai saat ini, ada beberapa permasalahan yang ditemukan dan juga pertanyaan-pertanyaan mengenai proses registrasi ini.

Berikut pertanyaan yang sering diajukan (FAQ/ Frequently Asked Questions ) beserta jawaban atau solusinya. Mudah-mudahan bermanfaat

1. Apakah Registrasi LTMPT Wajib dilakukan?
Iya wajib terutama bagi sekolah yang siswanya akan lulus tahun 2020. Bagi siswa juga wajib melakukan registrasi. Jika siswa tidak melakukan registrasi sampai batas waktu yang telah ditentukan, maka siswa tersebut kehilangan kesempatan untuk mendaftar PTN melalui jalur SNMPTN

2. Dimanakah Registrasi dilakukan?
Registrasi melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id/ untuk panduan pendaftaran silahkan diunduh pada posting sebelumnya

3. Apakah siswa yang telah registrasi pasti bisa mendaftar SNMPTN ?
tidak, karena masih ada proses pemeringkatan dan diambil sebanyak 40% peringkat terbaik (untuk sekolah terakreditasi A seperti SMAN 3 Jember). Proses pemeringkatan dilaksanakan oleh sekolah pada 13 Januari s.d 6 Februari 2019

4. Apakah harus menggunakan browser khusus saat registrasi ?
dari percobaan yang sudah dilakukan bisa menggukan browser apapun. Namun untuk kelancaran, disarankan browser yang dipakai  telah terupdate versi terbaru baik untuk browser di PC, laptop  maupun Smartphone. Rekomendasi kami, gunakanlah browser Firefox atau Chrome

5. Saya tidak bisa mendaftar, bahkan sudah dicoba beberapa kali
ditunggu maksimal 1x24 jam baru dicoba kembali. Atau bisa mencoba mendaftar dengan alamat email yang berbeda

6. saya bingung NISN pakai yang mana. Dicek di web NISN tidak sesuai
NISN yang dipakai adalah yang terdaftar di dapodik atau data nominasi UN. Jika masih bingung hubungi guru BK

7. NPSN itu apa?
NPSN : Nomor Pokok Sekolah Nasional. Untuk SMAN 3 Jember NPSN bisa dilihat di web sekolah

8. Saya sudah mendaftar tapi tidak bisa login, kenapa?
Kemungkinan pertama karena tidak melakukan aktivasi akun. Aktivasi akun dilakukan melaui email yang dicantumkan saat registrasi, silahkan cek email pada inbox atau folder spam
Kemungkinan kedua, salah memasukkan password/lupa password. Untuk hal ini manfaatkan fasilitas Lupa Password yang disediakan pada laman login https://portal.ltmpt.ac.id/

9. Saya lupa password login.
Gunakan fasilitas lupa password seperti di atas

10. Saya lupa password login dan juga password email yang didaftarkan.
Belum ada solusi untuk hal ini. Maka dari itu pastikan registrasi hanya dilakukan dengan menggunakan email yang masih aktif dan masih anda ingat dengan baik password emailnya.

11. Bagaimana bila ada data yang tidak sesuai pada saat verifikasi
Segera melapor ke sekolah (Guru BK) untuk melakukan perbaikan data. Data yang bisa diperbaiki oleh sekolah adalah NISN, Nama Siswa, Jenis Kelamin, Tempat Lahir dan Tanggal Lahir. Perubahan data memerlukan waktu yang tidak sebentar, oleh karena itu segera lakukan registrasi dan verifikasi, jangan menunggu mendekati batas akhir

12. Apakah nanti harus registrasi lagi untuk UTBK SBMPTN
Berdasarkan info yang didapat saat sosialisasi snmptn oleh humas Universitas Jember. diperoleh info bahwa peserta yang telah registrasi akun ltmpt snmptn, dan berencana mengikiti sbmptn, tetap wajib melakukan registrasi, namun tidak perlu melengkapi data kembali

13. Saya tidak bisa melakukan upload foto.
Pastikan properti foto yang diunggah mulai dari dimensi foto, ukuran, dan jenis filenya sesuai dengan ketentuan yang diminta.
Jika sudah sesuai ketentuan tapi belum bisa meng-upload, cobalah untuk mengupdate browser atau mengganti dengan browser yang lain, jika perlu lakukan upload melalui PC atau laptop.

14. Apakah wajib melakukan Simpan Permanen
Iya, Simpan permanen harus dilakukan sebelum batas akhir registrasi (7 Januari 2020). Lakukan Simpan Permanen setelah anda yakin akan kebenaran data anda. Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat Panduan Registrasi Siswa

15. Data Tanggal masuk sekolah tidak sesuai
Laporkan kepada sekolah untuk dilakukan perbaikan data dapodik. setelah itu klik tombol perbarui data.
Untuk SMAN 3 Jember, telah dilakukan perbaikan tanggal masuk sekolah di dapodik pada 20 Des 2019 pukul 11.00. Bagi siswa SMA 3 yang mengalami salah tanggal silahkan klik tombol Perbarui Data. Jika masih belum berubah tunggu 1-2 hari atau laporkan kembali ke pihak sekolah.
catatan  : Bagi siswa yang masuk sebagai siswa baru melalui PPDB Tapel 2017/2018, tanggal yg tercantum adalah 17 Juli 2017

16. Pada isian alamat, haruskah sesuai KTP
Sebaiknya alamat diisi sesuai dengan dokumen resmi yang telah dimiliki sperti KTP atau KK. Jika kondisinya sudah pindah rumah sedang KTP dan KK belum diperbarui, silahkam isi dengan alamat tempat tinggal baru dan sebagai bukti gunakan surat keterangan pindah atau surat domisili


Pertanyaan lain akan diupdate secara berkala jika diperlukan..!


Share with your friends

1 komentar

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done